Sabtu, 12 Maret 2011

Benteng Sekutu di Pasir Angin


oleh: Deden Wibawa

Benteng atau kubu pertahanan Sekutu di Pasir Angin ini memang belum diketahui kapan dibuatnya, tetapi diperkirakan dibangun sekitar tahun 1940-42 untuk menyongsong bala tentara Dai Nippon yang sudah bersiap untuk masuk ke wilayah Hindia Belanda pada waktu berkecamuknya Perang Dunia ke II.

Bukit Pasir Angin memang tempat yang ideal untuk membangun kubu pertahanan. Di atas bukit ini tentara Belanda membuat benteng-benteng kecil yang ukuran dan bentuknya disesuaikan dengan kontur tanahnya dan dapat melihat jelas ke sekelilingnya, terutama ke arah barat di mana sungai Cianten mengalir di bawah bukit tersebut.

Tidak kurang dari 15 benteng pertahanan yang dibangun pihak Sekutu, hanya di bukit Pasir Angin saja. Belum lagi beberapa benteng juga dibangun di kawasan yang sekarang masuk ke dalam Kampung Sinar Harapan, Desa Galuga, Kecamatan Cibungbulang, Kabupaten Bogor.

Kini benteng-benteng pertahanan sekutu tersebut satu persatu mengalami kerusakan, dan kini banyak yang sudah hilang sama sekali. Sisa-sisa bangunan benteng masih terlihat di tiga titik di Pasir Angin, dan satu tempat di Kampung Sinar Harapan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar